Ekonomi-Bisnis

Adira Finance Gelar Festival Pesona Lokal Yogyakarta, Di Alun-Alun Utara, 19 Oktober 2019

Adira Finance Gelar Festival Pesona Lokal Yogyakarta, Di Alun-Alun Utara, 19 Oktober 2019

Adira Finance Gelar Festival Pesona Lokal Yogyakarta, Di Alun-Alun Utara, 19 Oktober 2019

Ajak Ekosistem dan Masyarakat Rasakan Sensasi Pesona Lokal

Impessa.id, Yogyakarta : Adira Finance sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia menggelar Festival Pesona Lokal untuk pertama kalinya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini digagas Adira Finance sebagai salah satu program CSR perusahaan, yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan stasiun televisi nasional RCTI untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal Yogyakarta. Festival Pesona Lokal Yogyakarta berlangsung pada 19 Oktober 2019 di Alun-Alun Utara.

Melalui tema ”Rasakan Sensasi Pesona Lokal”, kegiatan Festival Pesona Lokal dilakukan dalam rangka HUT ke-29 Adira Finance yang digelar di tujuh kota di Indonesia yaitu, Medan, Denpasar-Bali, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Jakarta, sejak Agustus hingga November 2019.

“Festival Pesona Lokal Yogyakarta untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kami mengajak seluruh masyarakat dan ekosistem Adira Finance yang terdiri dari konsumen, mitra bisnis, dan karyawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Berbagai aktivitas diadakan untuk memeriahkan Festival Pesona Lokal Yogyakarta,” ujar Irfan Budiarto selaku Kepala Wilayah Area Jawa Tengah Adira Finance.

Berbagai aktivitas di Festival Pesona Lokal Yogyakarta antara lain, Parade Karnaval Budaya, Lomba Tari Lokal Kontemporer, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer, Kompetisi ala Selebgram Lokal, Festival Kuliner dan Foodtruck, permainan lokal, serta bazaar aneka produk lokal. Kegiatan juga dimeriahkan oleh artis ibukota Siti Badriah dan artis lokal Langit Sore.

Sebagai highlight dari kegiatan Festival Pesona Lokal di tujuh daerah di Indonesia, diberikan penghargaan khusus yaitu “Kota Paling Mempesona” kepada kota penyelenggara yang berhasil menampilkan pesona dan keunikan budaya lokal serta atraksi yang melibatkan masyarakat selama kegiatan berlangsung. Selain itu terdapat pula penghargaan “Provinsi Paling Mempesona”, yang diberikan kepada Provinsi dengan kota penyelenggara yang sukses dan berhasil memperlihatkan kekayaan budaya lokal yang beragam dan bervariasi. Kedua penghargaan itu dari Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan Adira Finance.

Adira Finance mendapatkan banyak dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta. Salah satunya yang menjadi sponsor utama yaitu Adira Insurance, sebagai perusahaan asuransi umum yang memiliki produk asuransi perjalanan terbesar di Indonesia, memiliki tujuan untuk melindungi masyarakat akan risiko yang mungkin terjadi selama diperjalanan. Sejalan dengan tujuan CSR Festival Pesona Lokal, Adira Insurance juga mendorong penerapan program keselamatan di jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah untuk mendukung aksesbilitas kawasan daerah wisata yang aman dan selamat, melalui program Indonesia Road Safety Award -IRSA.

Kegiatan Festival Pesona Lokal didukung oleh MUFG Bank, PT Visonet Internasional (OVO), PT Pitoe Sarana Informatika, PT Astra Honda Motor, Coca Cola Amatil Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Triangle Motorindo (VIAR), PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT Asuransi Sinar Mas, PT Isuzu Astra Motor Indonesia, PT Asuransi Raksa Pratikara, PT. Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia), Comforta, Bank Danamon Indonesia, Telkom, Artha Jasa, dan Alibaba.

Festival Pasar Rakyat dan Kompetisi Foto & Video Sahabat Lokal

Dalam rangka HUT ke-29, Adira Finance juga menggelar Festival Pasar Rakyat 2019, program CSR membangun citra positif Pasar Rakyat sebagai ruang publik yang kreatif, edukatif, dan berbudaya sekaligus mengedukasi serta mendorong keterlibatan berbagai pihak, agar menjadi bagian dari upaya pengembangan Pasar Rakyat di Indonesia.

Berkolaborasi dengan Yayasan Danamon Peduli, Pemerintah Daerah setempat, dan berbagai komunitas seni budaya dan UMKM, Festival Pasar Rakyat diselenggarakan di Magelang, Bogor, Mataram, Pontianak, dan Denpasar.

Bagi generasi muda yang memiliki hobi menciptakan dan berbagi konten menarik, Adira Finance juga menggelar ajang tahunan Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal untuk yang ketiga kalinya. Dengan tema “Sensasi Lokal Kotaku”, Adira Finance mengajak para peserta untuk mengunggah hasil karya foto di platform Instagram atau video di platform Youtube, yang menceritakan tentang potensi lokal suatu destinasi atau daerah di Indonesia, termasuk keindahan alam, tempat wisata menarik, kuliner, tradisi lokal, kultur budaya, tempat hang out yang sedang populer, serta kerajinan dan oleh-oleh.

Informasi selengkapnya tentang kompetisi tersebut dan pendaftaran dapat mengunjungi www.adira.co.id/sahabatlokal. Sedangkan untuk informasi lebih lanjut mengenai festival dapat kunjungi bit.ly/festivalpesonalokal2019 atau hubungi Dering Adira Finance 1500511.

“Semoga dengan adanya berbagai kegiatan tersebut dapat membuat ekosistem Adira Finance dan masyarakat Indonesia untuk semakin mencintai budaya dan kearifan lokal daerahnya, serta berperan aktif untuk turut serta mempromosikannya. Mari bersama-sama kita datang dan meramaikan Festival Pesona Lokal Yogyakarta.” tutup Irfan. (Melsa/Antok Wesman).